Menteri Asman Minta Badan POM Isi Slot di Mal Pelayanan Publik

By Admin

nusakini.com--Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birkokrasi (PANRB) Asman Abnur mengharapkan semakin banyak instansi yang bergabung ke Mal Pelayanan Publik (MPP) agar pelayanan kepada masyarakat semakin optimal. 

Hal itu juga disampaikan Menteri kepada Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) untuk mengisi slot di Mal Pelayanan Publik, sehingga pelayanan dari semua instansi pemerintahan terintegrasi. 

Jika nantinya BPOM sudah bergabung, pelaku usaha yang ingin mendapatkan izin mengenai produknya tidak perlu datang ke kantor BPOM, cukup datang ke Mal Pelayanan Publik ini. “Kita ingin dorong sistem pelayanan publik yang terpadu. Kalau Ibu bisa hadirkan pelayanan di Mal Pelayanan Publik itu, tentu sangat bagus,” ujar Menteri Asman saat menerima kunjungan Kepala BPOM Penny K Lukito di Jakarta, Jumat (03/11). 

Dengan demikian, lanjut Asman, masyarakat tidak harus datang ke BPOM, tetapi cukup datang ke Mal Pelayanan Publik itu.   

Menanggapi Menetri, Penny menerimanya sebagai masukan. Dikatakan, BPOM sudah memperkuat pengawasan terhadap jajarannya. “Kita terima masukan dari manapun. Kita juga akan evaluasi registrasi. Apalagi kita sudah memperkuat pengawasan,” ujarnya. 

Saat ini, Mal Pelayanan Publik sudah ada di berbagai kota besar seperti DKI Jakarta, Banyuwangi, dan Surabaya. Dalam satu gedung, masyarakat bisa mengurus segala jenis perizinan, mulai dari perpanjangan SIM dan STNK, urusan pertanahan, membuat paspor, juga BPJS. Selain itu, dalam mal ini masyarakat juga mengurus urusan bank dan perpajakan. 

Instansi yang sudah masuk dalam Mal Pelayanan Publik ini diantaranya adalah kepolisian, Kementerian Agama, Imigrasi, perbankan, dan berbagai instansi pemerintah lainnya dan lain-lain. (p/ab)